9 Titan Shifters, Dari Kekuatan Sampai Kelemahannya!

Attack On Titan merupakan salah satu anime yang memiliki basis penggemar yang luar biasa. Bukan sekedar bercerita mengenai makhluk bernama titan atau manusia yang dapat berubah menjadi titan, anime dan manga Attack On Titan ini jauh lebih filosofis lagi. Namun, dalam artikel ini Popstation.id tidak akan membahas mengenai filosofi anime ini, melainkan akan membahas mengenai 9 titan shifters.

Bagi mereka yang sudah membaca atau menonton anime shounen Attack On Titan pasti sudah nggak asing lagi dengan 9 titan shifters ini. Namun, nggak semua penonton juga memahami apa itu titan shifters, kekuatannya masing-masing sampai dengan apa kelemahannya. Nah dalam artikel ini, Popstation id akan membahas tuntas mengenai 9 titan shifters yang ada di anime Attack On Titan!

9 Titan Shifters

Secara singkat, titan shifters adalah titan khusus yang memiliki kesadaran dan dapat dikendalikan oleh manusia. 9 titan shifters ini adalah manusia yang dapat berubah wujud menjadi titan dan menggunakan titan untuk berbagai keperluan. Dalam Attack on Titan ada 9 titan shifters yang diceritakan. Apa saja? Yuk langsung simak penjelasannya di bawah ini!

9. Cart Titan

9 titan shifters
Cart Titan

Titan shifter nomor 9 ada Cart Titan atau titan pengangkut. Cart Titan sendiri adalah perwujudan dari seorang perempuan bernama Pieck. Sama seperti namanya, Cart Titan ini berfungsi sebagai alat transportasi dalam peperangan. Sebab, Cart Titan ini terkenal punya kecepatan yang luar biasa.

Menariknya lagi, Cart Titan ini memiliki stamina yang tidak terbatas. Hal ini membuatnya dapat berlari dan bergerak dalam kecepatan tinggi tanpa mengalami kelelahan apapun. Meski sangat efektif sebagai roda transportasi, Cart Titan sangat lemah dalam pertarungan. Bahkan, Cart Titan membutuhkan manusia dan alat perang agar bisa turut bertarung.

8. Jaw Titan

9 titan shifters
Jaw Titan

Berikutnya ada Jaw Titan. Sama seperti namanya, Jaw Titan ini terkenal karena memiliki kekuatan rahang yang luar biasa. Dengan rahangnya yang kuat, jaw titan dapat mencabik-cabik musuhnya. Bahkan, rahang dari Jaw Titan ini dapat menghancurkan batuan kristal titan yang terkenal sangat kuat. Tidak hanya menggunakan rahang dan mulut, Jaw Titan juga bertarung menggunakan cakar tangannya.

Jika ditotal, sudah ada 4 orang yang diceritakan mewarisi kekuatan Jaw Titan. Pertama ada Marcel Galliard, kemudian ada Ymir, selanjutnya ada Porco Galliard dan terakhir Falco Grice. Kembali lagi, Jaw Titan sendiri adalah titan paling kecil di antara 9 titan shifters lain. Ini merupakan kekuatan sekaligus kelemahan dari Jaw Titan sendiri. Ukuran kecilnya ini membuatnya mudah untuk dikalahkan.

7. Colossal Titan

Colossal Titan

Salah satu titan shifters paling memorable tentu saja ada Colossal Titan. Titan yang memiliki tinggi sampai 600 meter ini pertama kali muncul dalam episode perdana Attack On Titan. Colossal Titan ini menghancurkan tembok suci yang membuat Shingashina jatuh dan dikuasai oleh Titan. Ada 2 orang yang terkenal mewarisi kekuatan Colossal Titan. Pertama ada Bertholdt Fubar dan kemudian ada Armin.

Kekuatan Colossal Titan tentu berada dalam tinggi badannya. Selain itu, Colossal Titan juga dapat memicu ledakan mirip nuklir saat bertransformasi, membuatnya menjadi bom berjalan. Selain itu, Colossal Titan juga dapat mengeluarkan uap yang banyak untuk melindungi dirinya sendiri. Kelemahan dari Colossal Titan hanya satu, ia bergerak dengan lambat.

6. War Hammer Titan

9 titan shifters
War Hammer Titan

9 titan shifters berikutnya ada War Hammer Titan. Titan satu ini sangat spesial karena ia baru diperlihatkan menjelang akhir cerita. Berbeda dengan titan shifters lain, War Hammer Titan ini adalah titan yang diwariskan secara turun temurun di keluarga Tybur. War Hammer Titan sendiri punya tinggi 15 meter dengan kemampuan bertarung yang sangat luar biasa.

Pengguna War Hammer Titan sendiri tidak berada di bagian tengkuk, namun, ia mengendalikan tubuh titan tersebut dari luar tubuhnya. Hal ini menjadi salah satu keunikan dari War Hammer Titan. Namun, kemampuan utama dari War Hammer Titan sendiri adalah membuat berbagai senjata dari kristalnya. Satu kelemahan dari War Hammer Titan adalah mobilitasnya. Ia tidak dapat bergerak secara bebas karena harus dekat dengan tempat dimana sang pengguna menyembunyikan dirinya.

5. Female Titan

Female Titan

Meski War Hammer Titan terdengar sangat kuat, perlu diketahui bahwa Female Titan ini jauh lebih kuat dalam pertarungan. Diwarisi oleh Annie Leonhart, Female Titan menjadi salah satu titan yang paling sulit untuk dikalahkan dalam cerita. Perlu banyak korban yang berjatuhan demi mengalahkan Female Titan.

Sebenarnya tidak ada kekuatan khusus dari Female Titan kecuali kemampuannya untuk memanggil titan ke sekitarnya. Hal ini juga digunakan sebagai upaya penyelamatan. Sisanya, Female Titan bertarung dengan bela diri yang dikuasai pewarisnya. Secara kemampuan bertarung Female Titan ini setara dengan Attack Titan versi perempuan.

4. Beast Titan

9 titan shifters
Beast Titan

9 titan shifter berikutnya ada Beast Titan. Berbeda dengan titan shifters lain, Beast Titan ini dianugerahi kemampuan untuk berbicara. Meski banyak yang menyebut Attack Titan jauh lebih kuat, Popstation.id menobatkan Beast Titan ini sebagai titan yang berbahaya. Pasalnya, Beast Titan punya berbagai kemampuan yang bermanfaat dalam pertarungan.

Misalnya, Beast Titan sendiri dapat bermanifestasi menjadi hewan apapun yang diinginka, ia juga dapat mengubah manusia biasa untuk menjadi titan menggunakan cairan tulang belakangnya. Karena berbagai kemampuan inilah, Beast Titan dipercaya sebagai komando utama dalam sebuah peperangan. Kelemahan utama dari Beast Titan sendiri adalah pertahanannya. Titan satu ini punya pertahanan yang seadanya.

3. Armored Titan

Armored Titan

Selanjutnya ada Armored Titan. Jika ditanya titan mana yang menjadi favorit Popstation.id, maka kami menjawab Armored Titan. Bukan karena perwujudan dan kekuatannya semata, Armored Titan ini sendiri diwarisi oleh Reiner Braun, salah satu karakter paling luar biasa di Attack On Titan. Bahkan sang mangaka, Hajime Isayama juga menobatkan Reiner sebagai karakter favoritnya.

Sama seperti namanya, Armored Titan sendiri memiliki lapisan armor di seluruh tubuhnya. Ia punya ketahanan yang luar biasa dan sangat sulit untuk dikalahkan. Armored Titan juga punya kemampuan regenerasi yang cukup cepat. Satu-satunya kelemahan Armored Titan adalah pergerakan serangannya kurang cepat.

2. Attack Titan

9 titan shifters
Attack Titan

9 titan shifter berikutnya ada Attack Titan. Attack Titan sendiri adalah titan yang diwarisi oleh MC dalam anime ini, Eren Yaeger. Attack Titan sendiri memiliki ukuran 15 meter, sama dengan Armored Titan dan Female Titan. Sebagai Titan penyerang, Attack Titan sendiri memiliki kekuatan luar biasa dalam menyerang.

Selain itu, Attack Titan memiliki kekuatan dimana para pewaris Attack Titan dapat terhubung satu sama lain. Dalam anime Attack Titan, ada 3 pewaris yang terkenal yakni Eren Krueger, Grisha Yaeger dan juga Eren Yaeger. Kekuatan Attack Titan yang dapat menggabungkan setiap kekuatan ini membuatnya dengan mudah mengendalikan setiap peristiwa yang terjadi. Karena kekuatan ini jugalah Eren dapat menguasai Pulau Paradis dan menaklukan hampir setengah dunia dengan kekuatan Founding Titan.

1. Founding Titan

9 titan shifters
Founding Titan

Titan shifters yang terakhir tentu ada Founding Titan. Sama seperti namanya, Founding Titan sendiri adalah nenek moyang dari para titan sekaligus titan pertama yang pernah ada. Founding Titan sendiri diwarisi oleh Ymir Fritz yang secara tidak sengaja berkontak dengan seekor kelabang mistis yang membuatnya dapat berubah menjadi titan. Ada beberapa orang yang pernah mewarisi kekuatan Founding Titan. Mulai dari Ymir, Frieda dan juga Eren Yaeger yang dikenal juga dengan sebutan Doomsday Titan.

Nah itulah 9 titan shifters yang ada dalam cerita manga dan anime Attack On Titan. Gimana? Mana yang menjadi titan favorit kamu? Yuk tulis di kolom komentar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *