20 Rekomendasi Komik Manhua Kultivasi. Wajib Baca!

Kalau kamu pembaca baru manhua atau komik dari China, pasti sudah nggak asing dengan istilah “kultivasi” kan? Xiuzhen (kultivasi) sendiri merujuk kepada sebuah metode untuk mendapatkan kekuatan dan keabadian melalui pengembangan diri. Nah, kamu penasaran nggak, apa saja rekomendasi komik manhua kultivasi terbaik?

Jika dalam komik Korea Selatan, komik jenis kultivasi ini mirip dengan manhwa bergenre murim system. Temanya selalu mengenai pendekar yang mendalami dan mengembangkan kemampuan di bidang bela diri tertentu. Tentu, konsep from zero to hero inilah yang membuat jenis manhua kultivasi sangat digemari oleh para pembaca di seluruh dunia.

20 Rekomendasi Komik Manhua Kultivasi Terbaik

Sering kali manhua menampilkan cerita yang bertema kultivasi, di mana sang MC melakukan perjalanan dalam dunia yang penuh dengan sihir, seni bela diri untuk menjadi yang terbaik dan terkuat. Berikut ini Popstation.id sajikan 20 rekomendasi komik manhua terbaik yang worth untuk kamu baca. Stay tuned dan simak artikel ini sampai habis ya!

20. Magic Emperor

Rekomendasi komik manhua kultivasi
Magic Emperor

Rekomendasi manhua kultivasi yang pertama berjudul Magic Emperor. Manhua ini bercerita tentang MC bernama Zhuo Fan yang dikhianati dan bereinkarnasi menjadi tubuh seorang pelayan. Zhuo Fan adalah sosok manipulatif, berani, licik, dan juga kejam.

Nah, dengan memanfaatkan kecerdasan dan strategi liciknya tersebut, Zhuo Fan berhasil mengendalikan situasi di balik layar, menjadikan dirinya sebagai figur yang berbahaya dan cerdik di manhua Magic Emperor.

19. Your Talent is Mine

Rekomendasi komik manhua kultivasi
Your Talent is Mine

Berikutnya ada Your Talent is Mine. Manhua ini mengisahkan tentang Ye Tian yang memperoleh kemampuan untuk meniru talenta orang lain. Menggunakan kemampuannya tersebut, dia berjuang untuk bertahan hidup sekaligus melindungi adiknya dari serangan para alien.

Ye Tian juga memanfaatkan kemampuannya untuk menjelajahi berbagai wilayah yang belum dikenal, mengungkap misteri di balik kedatangan alien, menjadi lebih kuat, serta mencapai puncak kultivasi.

18. Everlasting God of Sword

Rekomendasi komik manhua kultivasi
Everlasting God of Sword

Berikutnya ada Everlasting God of Sword. Manhua Everlasting God of Sword menceritakan tentang Pangeran Ketiga Shen yang menguasai keterampilan berpedang saat usianya masih sangat muda. Dia bahkan mampu mengungguli tiap mentor yang melatihnya. Nah, dengan bakatnya tersebut, dia disebut-sebut akan menjadi pendekar pedang terkuat, hingga takdir mempertemukannya dengan lawan hebat yang bisa mengimbanginya.

17. Soul Land III

Rekomendasi komik manhua kultivasi
Soul Land III

Rekomendasi komik manhua berikutnya adalah Soul Land III. Manhua ini bercerita tentang MC bernama Tang Wulin yang memulai perjalanan di planet yang nggak dikenal. Bersama dengan temannya, Tang menghadapi kekuatan besar yang dapat mengancam dunia. Nah, dalam perjalanannya tersebut, Tang akhirnya menemukan tujuannya sebagai pewaris Dewa Asura dan berusaha melindungi semua orang yang ia cintai untuk masa depan yang lebih baik.

16. Return of Immortal Emperor

Rekomendasi komik manhua kultivasi
Return of Immortal Emperor

Popstation.id juga memilih Return of Immortal Emperor untuk masuk ke dalam list ini. Diceritakan kalau sang protagonis terbangun setelah sekian lama menghilang dan mengetahui kalau dunia saat ini sudah berubah sangat drastis.

Dia kemudian berusaha sekuat tenaga untuk mengembalikan kekuasaan yang dulu pernah dipegang dengan menghadapi musuh-musuh berbahaya. Memanfaatkan kekuatannya, dia menjalani misi penuh tipu daya untuk mengembalikan semua hal yang sudah terenggut darinya.

15. Cultivator Against Hero Society

Rekomendasi komik manhua kultivasi
Cultivator Against Hero Society

Urutan kelima belas ditempati oleh manhua berjudul Cultivator Against Hero Society. Manhua ini menceritakan seorang Yan Sen yang kembali dari dunia kultivasi hanya untuk melihat kehancuran sektenya.

Yan kemudian sangat marah dan bertekad untuk melakukan balas dendam dan menghabisi semua pihak yang bertanggung jawab. Hal tersebut menyebabkan dia diasingkan dan disegel ke dunia manusia, di mana ia terlibat dalam pertempuran dengan para pahlawan.

14. Xian Ni

Rekomendasi komik manhua kultivasi
Xian Ni

Manhua Xian Ni menceritakan perjalanan Wang Lin dalam usahanya mencari keabadian dalam dunia yang penuh dengan bahaya, kultivasi, dan pengkhianatan. Dengan tekad yang kuat, dia berusaha melawan takdir dan menghindari kematian. Nah, dalam perjalanannya tersebut, Wang Lin menemukan kebenaran legendaris dan menciptakan masa depan untuk dirinya sendiri.

13. Sheng Wang

Rekomendasi komik manhua kultivasi
Sheng Wang

Selanjutnya manhua berjudul Sheng Wang. Manhua ini mengisahkan seorang remaja yang memulai perjalanan seni bela diri dari bawah. Dengan ketekunan dan keberanian, dia terus mengasah kemampuannya, mengungkap misteri, dan menjadi panutan di komunitas seni bela diri.

12. Wu Dong Qian Kun

Wu Dong Qian Kun

Rekomendasi komik manhua kultivasi berikutnya berjudul Wu Dong Qian Kun. Manhua ini mengangkat kisah seorang pemuda sederhana bernama Lin Dong. Dia kemudian berhasil mengubah dirinya menjadi seorang seniman bela diri yang kuat dalam masyarakat, di mana kekuatan sangat dihargai. Lin pun berusaha memulihkan kehormatan masa lalu, menghadapi musuh-musuh tangguh, dan menulis ulang takdirnya dengan ketekunan dan keberanian.

11. Yuan Zun

Rekomendasi komik manhua kultivasi
Yuan Zun

Komik China Yuan Zun menceritakan seorang MC bernama Zhuo Yan, pangeran Kekaisaran Great Zhou yang telah menderita penyakit mematikan sejak lahir. Namun, takdir membawanya ke dunia misterius, di mana ia bertemu dengan gadis yang berpakaian serba hijau, monster mirip anjing, dan orang tua misterius. Nggak disangka, pertemuan tersebut mengubah hidup Zhuo Yan.

10. Peerless Battle Spirit

Peerless Battle Spirit

Di urutan kesepuluh ada Peerless Battle Spirit. Manhua ini menceritakan seorang Qin Nan yang berjuang keras untuk menjadi pemimpin di dunia seni bela diri. Dengan “Jiwa” yang langka dan tekad yang kuat, dia menghadapi musuh besar, mengungkap rahasia yang terlupakan, dan tumbuh menjadi pahlawan kultivasi yang tangguh.

9. Master of Gu

Master of Gu

Manhua Master of Gu mengisahkan seorang Fang Yuan, protagonis jahat yang mencari keabadian. Dengan mentalitas kejam dan cara yang licik, Fang menentang takdir, menghadapi berbagai konspirasi, dan mengendalikan orang-orang di sekitarnya. Dia juga menyelidiki dan menggali sisi tergelap dari hasrat manusia.

8. Shen Yin Wang Zuo

Shen Yin Wang Zuo

Mengangkat cerita tentang kultivasi, Shen Yin Wang Zuo merupakan salah satu manhua yang worth untuk kamu baca. Manhua ini mengisahkan tentang Long Haochen yang memulai misi untuk melindungi umat manusia dari kekuatan jahat. Bersama teman-temannya dan tunggangan suci, Long menjelajahi rahasia sejarah dan menemukan tujuan akhirnya sebagai pelindung terpilih.

7. Douluo Dalu

Shen Yin Wang Zuo
Douluo Dalu

Berikutnya ada manhua yang berjudul Doulou Dalu. Manhua ini bercerita tentang petualangan Tang San di sebuah dunia, di mana kekuatan merupakan hal yang sangat penting. Tang pun berusaha menjadi seorang penguasa jiwa yang kuat dengan menghadapi berbagai rintangan dan konflik, serta melindungi orang-orang yang dicintainya.

6. The Ancient Sovereign of Eternity

The Ancient Sovereign of Eternity

Manhua The Ancient Sovereign of Eternity menceritakan tentang salah satu dari sepuluh Kaisar Bela Diri terhebat, Gu Fei Yang yang mati di pegunungan Heaven Wafe. Setelah 15 tahun, dia terlahir kembali sebagai Li Yun Xiao. Dengan kemampuan luar biasa yang dia miliki, Gu Fei Yang memulai pertarungan melawan takdir, membawa kehancuran bagi siapa saja yang menghalangi jalannya menuju kejayaan.

5. Martial Peak

Martial Peak

Rekomendasi komik manhua kultivasi selanjutnya yaitu Martial Peak. Manhua ini bercerita seorang Yang Kai yang memulai perjalanannya dari bawah untuk mencapai puncak seni bela diri dalam masyarakat yang berbasis kultivasi. Dengan tekad yang kuat, Yang menemukan teknik bela diri tersembunyi dan menghadapi berbagai musuh yang tangguh dalam usahanya untuk menjadi yang terkuat.

4. The Great Ruler

Rekomendasi komik manhua kultivasi
The Great Ruler

Pada urutan nomor 4 ada The Great Ruler. Manhua The Great Ruler mengisahkan tentang seorang seniman bela diri muda bernama Mu Chen yang mendapatkan gelang misterius. Mu Chen pun memulai petualangan untuk menguji batasnya dengan melawan musuh purba dan menyatukan kerajaan yang terpecah. Dalam perjalanannya, Mu Chen tumbuh dan berkembang menjadi seorang penguasa yang terkenal.

3. Tales Of Demons And Gods

Rekomendasi komik manhua kultivasi
Tales Of Demons And Gods

Berikutnya ada Tales Of Demons And Gods, manhua kultivasi terbaik ini wajib banget kamu baca. Bercerita tentang seorang Nie Li yang bereinkarnasi dan bertekad untuk mengubah takdirnya serta melindungi orang-orang yang dia cintai. Dalam perjalanannya, Nie Li berjuang keras melawan dunia iblis dan kultivasi demi masa depan yang lebih baik.

2. Battle Through the Heavens

Rekomendasi komik manhua kultivasi
Battle Through the Heavens

Selanjutnya ada manhua berjudul Battle Through the Heavens. Manhua ini mengisahkan tentang Xiao Yan, seorang alkemis berbakat yang kehilangan kekuatannya dan ingin mendapatkan kembali kehormatan keluarganya. Dengan bantuan teman-teman dan gurunya, Xiao Yan menghadapi berbagai tantangan dan berusaha mencapai puncak dari seni bela diri.

1. Apotheosis

Apotheosis

Rekomendasi komik manhua kultivasi yang terakhir yaitu Apotheosis. Manhua ini menceritakan perjalanan Luo Zheng, anak dari keluarga kaya yang jatuh miskin setelah ayahnya meninggal dunia. Akibatnya, Luo Zheng sempat menjadi budak dan diremehkan oleh banyak orang.

Tiba-tiba saja, Luo Zheng menemukan sebuah kitab peninggalan ayahnya yang berisi teknik rahasia. Menggunakan teknik tersebut, dia memulai perjalanan untuk menjadi lebih kuat. Bahkan Luo Zheng berhasil mencapai puncak kultivasi hingga menjadi seorang dewa.

Nah, itulah ulasan Popstation.id mengenai 20 rekomendasi komik manhua kultivasi yang worth untuk kamu baca. Apakah salah satunya ada manhua favorit kamu? Tulis pendapat kamu di kolom komentar, yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *